Posted by : me Kamis, 12 Juni 2014

Desain Grafis, Bukan Cuma Tukang Gambar 
  Ilustrasi: commons.wikimedia.com  

JAKARTA – Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan akan dunia visual meningkat drastis. Pelaku bisnis mulai menyampaikan pesannya secara visual mulai dari website, kartu nama, poster, ataupun iklan. Di sinilah dibutuhkan jasa seorang desainer grafis handal.

Tidak heran, seperti dikutip dari My Job Central, Sabtu (2/8/2013), peminat desain grafis kian meningkat dan bidang pekerjaan ini pun terus berkembang.

Seorang desainer grafis dituntut untuk bisa memahami bagaimana menerjemahkan produk atau jasa yang ingin dijual klien dalam bahasa visual yang menarik. Karena itulah, desainer grafis harus menguasai berbagai materi yang berbeda seperti foto, ilustrasi, film, animasi, huruf dan lainnya. Tentu saja, penguasaan teknologi desain menjadi kunci utama.

Biasanya seorang desainer grafis bekerja pada perusahaan desain, agensi iklan, perusahaan publikasi seperti majalah dan koran, maupun pada rumah produksi. Banyak juga perusahaan yang memperkerjakan desainer grafis untuk menggarap proyek internal maupun eksternal mereka. Tidak jarang, desainer grafis memilih bekerja secara freelance.
Secara umum, seorang desainer grafis bisa memilih untuk mendesain secara umum atau mengembangkan kemampuan khusus dalam bidang desain tertentu. Berikut beberapa bidang yang biasa ditangani para desainer grafis: 

Desainer logo Desainer logo bekerja pada suatu perusahaan atau individual untuk membuat logo yang menarik dan kuat secara visual. Logo ini bisa dibuat dengan gambar tangan atau dengan menggunakan komputer.

Web Designer  Spesifikasi ini fokus membuat sebuah website yang atraktif atau sesuai visi perusahaan. Sang desainer terkadang juga perlu memiliki pengetahuan mengenai infrastruktur website serta pengkodean.

Art Director Profesi ini biasa ditemukan pada suatu perusahaan besar dan merupakan pemimpin tim beranggotakan beberapa desainer. Seorang art director harus memilki pengalaman sebagai desainer grafis sebelumnya dan memiliki sejumlah pengetahuan tentang teknik dan program desain.

Desainer Layout
Biasanya bekerja di perusahaan publikasi seperti majalah dan koran. Tugasnya membuat tata halaman serta komposisi penaruhan materi di halaman. (rfa)

Okezone 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Desain Grafis - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -